Apa Yang Dimaksud Dengan Processor? | Computer Blog

Apa Yang Dimaksud Dengan Processor?



 Processor merupakan sebuah Chip kecil yang terdiri dari berbagai macam kumpula IC [ integrated Circuit ] yang memiliki kemampuan multifungsi dari masing masing IC tersebut. Ada due type processor yang paling populer saat ini yang menjadi brand nomor satu di dunia, yaitu Intel Processor dan AMD. Chip Intel dikembangkan oleh Intel Corporate dimana bertempat di California, America. Sedangkan Chip AMD atau dengan kepanjangan [ Advanced Micro Devices] juga di kembangkan di kota yang sama dan negara yang sama juga yaitu, California, America. Dari Kedua brand ternama didunia ini masing masing memili kelebihan




Processor Speed /Kecepatan prosesor
Ada 3 [tiga] hal yang mempengaruhi kecepatan Prosesor


1. [Internal Bus] Kecepatan Internal. Ambil contoh Intel® Core™ i3-2367M Processor (2.30 GHz, Cache 3MB) disini  kita bisa mengetahui dari angka yang terdapat dari procesor tersebut. Core i3 2367M merupakan type Processor sedangkan 2,30GHz kecepatan internal processor atau lebih gaulnya dengan istilah Clock Processor. semakin besar Clock nya, maka semakin besar pula kecepatan yang dihasilkan dati nilai internal prosesor tersebut.

2. [External Bus] atau Kecepatan eksternal
Masih menggunakan contoh  Intel® Core™ i3-2367M Processor (2.30 GHz, Cache 3MB)
Kita b
isa menggunakan analogi, ketika kita merakit sebuah CPU komputer dengan menggunakan prosesor  Intel Core i3-2367M 2.30 GHz dengan menggunakan merk motherboard yang sama tapi dengan Type motherboard  yang berbeda maka hasilnya pun akan lain.
Saya ambil contoh sederhana. Saya merakit komputer dengan Motherboard Gigabyte Socet 1155 Type H61M-DS2  dan satunya menggunakan GIGABYTE Motherboard Socket LGA 1155 G1.Sniper 3. Maka apa yang terjadi?  Pasti  pilihan kedua akan jauh lebih kencang dan jauh lebih maksimal kecepatanya. ini adalah Gambaran dari [External Bus] atau Kecepatan eksternal dimana memacu kinerja Processor lebih maksimal.


3. [Cache Memory] atau Kapasitas Memory yang dipakai
Cache Memory adalah tempat menyimpan data sementara. Cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat. Cache memori ini terletak antara register dan memory utama sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacu pada memori utama.

Cache memory ini berbasis SRAM dan secara fisik memiliki ukuran sangat kecil dan kapasitas tampung datanya juga kecil. Pada saat ini, cache memory ada 3 jenis, yaitu L1 cache, L2 cache, dan L3 cache.


Cache Memory