Pengertian Hardware Komputer | Computer Blog

Pengertian Hardware Komputer

Hardware dalam bahasa komputer atau Ilmu komputer lebih populer dengan nama Perangkat Keras. Kata Hardware berasal dari dua suku kata yaitu "hard" dan "Ware" yang memiliki gabungan makna Perangkat Keras. Pada pembahasan lain, Hardware bisa memiliki arti yang berbeda. Namun pada umumnya Hardware lebih populer di dunia komputer.

Hardware Computer


Berbisara mengenai Komputer (PC) Personal Komputer, Hardware selalu identik dengan komputer.  Komputer sendiri tersusun dari berbagai macam-macam susunan hardware yang terpasang pada papan Motherboard pada Casing Komputer.  Hardware pada komputer memiliki peran dan tugas sendiri-sendiri dan terpisah-pisah berdasarkan Firmware pada Hardware tersebut.

 Hardware dan Firmware tidak bisa dipisahkan, seperti halnya komputer dan hardware. Secara umum Firmware merupakan perangkat lunak yang tertanam pada perangkat keras. Firmware berfungsi penyalur informasi secara detail dari perangkat keras yang digunakan. Seperti contoh, Pada Memory komputer dengan kapasitas 1GB DDR3 yang terpasang pada komputer. Memori 1GB DDR 3 ini akan terbaca melalui Sistem Operasi melalui perangkat lunak yang disebut "Firmware".

Hardware dapat bekerja melalui  perintah yang telah ditentukan menurut masing-masing hardware itu sendiri. Pada perintah ini lebih dikenal dengan nama Setting Instructions / Intruksi Set. Dengan adanya Setting Instructions, Hardware dapat melakukan pekerjaan berdasarkan instruksi-instruksi yang telah disetting secara otomatis pada Hardware tersebut.  Dalam Hal ini disebut "Firmware".

Bagaimana Hardware Bekerja?
Hardware / Perangkat keras bekerja sesuai instruksi yang telah ditentukan dan berjalan secara otomatis. Pada masing-masing Hardware tertanam Chip yang memberikan informasi detail tentang hardware tersebut. Seperti Memori yang tertanam beberapa Chip yang memberi informasi secara detail. Hardisk, yang mampu memberikan informasi berapa kapasitas nya.

Ada beberapa Hardware yang memiliki pekerjaan khusus dan itu harus terinstal dengan bantuan Software Driver. Seperti VGA Card, Sound Card, Lan Card, Saya ambil contoh Pada VGA Card, ada sebagian bisa terinstal secara otomatis tanpa menggunakan driver, namun banyak juga yang harus diinstal menggunakan Driver. Hal ini sesuai dengan Seri VA Card yang di pakai.

Berdasarkan Fungsinya, Hardware dibagi menjadi 5 bagian

1. Process Device (Perangkat yang bertugas sebagai pemroses Unit data)

Pada komputer atau PC Desktop, Kita mengenal beberapa perangkat hardware yang berada didalam Casing  berbentu tower. Mungkin jika Anda sebagai pemula atau baru mengenal komputer, akan sedikit kebingungan mengetahui isi dari komponen yang berada dala CPU Komputer. Pada PC Desktop/ Komputer, ada beberapa perangkat komputer yang disebut Hardware atau Perangkat lunak.  Dan masing-masing hardware memiliki tugas dan fungsi sendiri-sendiri.

a. Processor
Processor merupakan sebuah Chip kecil yang terdiri dari berbagai macam kumpula IC [ integrated Circuit ] yang memiliki kemampuan multifungsi dari masing masing IC tersebut. Ada due type processor yang paling populer saat ini yang menjadi brand nomor satu di dunia, yaitu Intel Processor dan AMD. Chip Intel dikembangkan oleh Intel Corporate dimana bertempat di California, America. Sedangkan Chip AMD atau dengan kepanjangan [ Advanced Micro Devices] juga di kembangkan di kota yang sama dan negara yang sama juga yaitu, California, America. Dari Kedua brand ternama didunia ini masing masing memili kelebihan

 Intel Processor
Processor Computer




b. Memory / RAM (Random Access Memory)
Memory lebih populer dalam ilmu komputer sebagai Penyimpan data sementara. Contoh jika kita membuka internet melalui Browser Modzilla kemudian kita close secara tiba-tiba. Pada saat kita buka browser pada menu history semua link yang dibuka semua terekam melalu system OS, Baik Windows, linux, MAC, ubuntu  dll.
memory
Memori Komputer


c. Motherboard (Papan pada komputer berbentuk Kotak atau persegi panjang)
Motherboard secara umum berfungsi sebagai lalu lalang perangkat hardware lainya yang terpasang melalui Motherboard. Fungsi utama Motherboard sebagai jembatan atau penghantar data dari hardware lainya melalui program yang terinstal.

d. VGA Card (Video Graphic Accelerator) dalam bahasa Indonesia populer dengan Kartu Graphik
VGA merupakan Video Card yang berfungsi mengeluarkan data digital berupa gambar yang terhubung melalui kabel VGA menuju ke Monitor atau LCD.  VGA ini memiliki peran yang sangat penting, dama dengan Hardware lainya. Semua informasi yang dijalankan melalui perintah mempu terbaca  pada layar monitor melalui VGA Card. 
VGA Card


e. Power Suply (Pengubah arus AC menjadi DC melalui PIN dengan Variasi tegangan)
Power Suply berfungsi sebagai penyuplai arus listrik sesuai dengan kebutuhan masing-masing perangkat hardware. Power Suply memiliki beberapa jumlah pin yang memiliki out put arus yang berbeda-beda.

Pada PS yang standar menggunakan 450Watt dengan 20 pin pada motherboard P4 dengan Chipset 850. Dan 24 Pin pada socet Motherboard LGA dengan chipset 945 ke atar.
Semakin baik kualitas PS yang digunakan maka akan menghasilkan arus yang baik juga untuk mensuplai kebutuhan hardware.

Power Supply Computer


2. Storege (Tempat penyimpanan data)
Hardisk Drive 
Hardisk Drive secara umum berfungsi sebagai penyimpan data yang bersifat optional/bisa di edit/ dihapus / dicopy.  Pada komputer hardisk biasanya sebagai penyimpan data utama yaitu "Sistem Operasi" (OS). sebelum komputer mengerjakan pekerjaan, terlebih dahulu komputer diinstal dengan perangkat lunak berupa Sistem Operasi, Baik itu Windows, Linux, Ubuntu dan sebagainya. Perangkt lunat terinstal dan menempel pada hardware yang dinamanak "Hardisk" (HDD)

Fungsi Lain dari Hardisk yaitu sebagai bank data/ sebagai penyimpan data yang paling mudah. Penyimpanan data pada Hardisk sesuai dengan kapasitas Hardisk yang ada. Data yang tersimpan pada Hardisk bisa bersifat permanen, tergantung dari pada pengguna. Data pada Hardisk bisa bertahan sangat lama, Namun bisa saja terjdi kerusakan data yang disebabkan oleh Hardisk itu sendiri. Jika Hardisk Eror atau rusak, maka data akan sulit untuk terbaca. Namun dalam kasus, data bisa diselamatkan oleh karena kerusakan pada Hardisk tersebut.


3. Input Device (Perangkat yang masuk melalui lubang pada komputer) 

Device merupakan nama lain sari perangkat. Pengertian dari Input Device adalah, sebagian dari perangkat yang menjadi bagian dari komputer yang terhubung melalui lubang yang berada pada komputer. Perangkat ini berfungsi sebagai perintah yang dijalankan secara  manual , seperti contoh; Keyboard, mouse, DVD External, USB Flask Disk dll.

- Keyboard Computer
Keyboard komputer merupakan salah satu perangkat komputer dalam kategori Input Device. Pengoperasian pada keyboard yaitu secara manual, seperti pada saat kita mengetik dokumen, edit gambar, dll. Keyboard disini sebagai sarana pendukung, namun memiliki fungsi yang sangat penting pada unit komputer. Keyboard Pada komputer ada 2 jenis yaitu PS2 Keuboard dan USB Keyboard. Dari ke dua jenis keyboard tersebut memiliki fungsi yang sama persis. Yang membedakan hanya Slot Konektor yang menghubungkan antara keyboard dengan CPU Komputer.

- Mouse
Sama halnya dengan Keyboard, Mouse juga salah satu perangkat komputer yang masuk dalam kategodi Input Device. Fungsi pada Mouse sebagai explorer / mempermudah lalu lalang pada pekerjaan. Mouse juga memiliki 2 jenis yaitu PS 2 Mouse dan USB Mouse. Dari keduanya memiliki fungsi yang sama.

4. Output Device
 - Monitor
Dilihat dari bentuk dan fungsi, Monitor diklasifikasikan sebagai perangkat keras. Monitor pada komputer menampilkan data elektronik yang diproces pada Desktop Komputer. Tampilknya hasil kerja pada monitor merupakan kerja gabungan dari berbagai perangkat hardware lainya dengan melalui proses instaler.

- Sound Card / Kartu suara
Sound Card Pada Setiap Komputer memiliki fungsi  yang sama, yaitu mampu mengolah data  menjadi gelombang suara.  Sound Card pada komputer terletak pada belakang CPU KOmputer. Sound Card pada komputer memiliki 2 tipe, yaitu On Board Sound Card dan PCI Sound Card. Onboard Sound Card menempel dan menjadi 1 blok pada papan motherboard. Sedangkan PCI Sound Card terpasang pada Motherboard dengan cara menancapkan pada Slot PCI yang ada pada papan Motherboard.

On Board Sound card dan PCI Sound Card
Pada Onboard Sound card, Suara akan dihasilkan dengan bantuan driver yang terinstal melalui sistem operasi. Jenis Driver Sound Card  menyesuaikan dengan Tipe motherboard. 
Pada PCI Sound Card, pada umumnya tidak memerlukan driver. Pada jenis Sound Card PCI akan terinstal secara otomatis tanpa menggunakan driver sound.

- VGA CARD
Meskipun VGA card dikategorikan sebagai Unit Processing (Unit pemrosesan) namun sistem kerja VGA card salah satu dari Outpur Device yang berfungsi sebagai pengolah data dan menghubungkan ke layar monitor melalui kabel VGA. 
Onboard VGA dan PCI VGA

VGA CARD memiliki dua jenis yaitu Onboard VGA dan VGA AGP /PCI Express. ON Board ( VGA menempel dan menjadi 1 blok dengan Motherboard), sedangkan VGA AGP /PCI Express VGA  terpasang pada slot PCI pada papan Motherboard. 

5. Periferal. Komponen tambahan pada komputer yang sifatnya Optional

- Printer (lihat fungsi printer secara detail)
Pada umumnya printer merupakan alat elektronik yang bertugas sebagai finishing pada pekerjaan. Hasil dari lembar kerja akan bisa dilihat pada print out melalui alat cetak printer. Printer pada unit komputer bersifat optional atau fungsi tambahan saja. Komputer tetap akan bekerja tanpa bantuan printer.

- USB Flash Disk
Flash Disk diklasifikasikan dalam keluarga perangkat keras dan storage. Dilihat dari bentuk dan sifatnya, Flask Disk merfungsi sebagai alat penyimpanan data. Data bisa kita tambahkan, copy, dan juga delete melalui sistem operasi.  

- Modem  
Modem secara umum berfungsi sebagai penerima signal/ gelombang yang dipancarkan melalui internet provider. lihat detail  di wikipedia

Masih banyak peripheral yang secara umum berfungsi sebagai tambahan pada perangkat komputer. 

2 Reply Coment:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete
  2. Anonymous5/10/2013

    Maturnuwun kang..

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.