Skema Motherboard Komputer | Computer Blog

Skema Motherboard Komputer

Skema Motherboard merupakan suatu gambar rancangan pada papan motherboard yang terstruktur. Skema motherboard memiliki fungsi dan tujuan memberikan detail gambaran kerja pada motherboard yang terhubung satu sama lain melalui komponen elekronik melalui visual. Skema ini untuk mencegah terjadinya Human Eror sebelum kita menginstalasi sebuah perangkat keras yang dihubungkan melalui papan yang disebut Motherboard.

Semua jenis motherboard memiliki skema, baik itu motherboard komputer, motherboard laptop, motherboard ponsel dan motherboard elektronik lainya.  Berdasarkan Skema tersebut kita bisa mendapatkan gambaran sebuah kerja pada komputer sebelum diinstal sebuah perangkat komputer.

Pada saat kita membeli sebuah motherboard baru komplit dengan BOX, didalamnya pasti terdapat buku panduan yang berisi skema / gambar papan motherboard yang dilengkapi dengan keterangan.  Keterangan pada motherboard merupakan salah satu panduan agar pengguna bisa merakit dan menginstalasi sesuai dengan prosedur yang benar.

Skema Motherboard Socet LGA 775

Gambar diatas merupakan skema pada Motherboard Gigabyte G41. dari masing-masing nomor yang saya beri kotak memiliki peran dan fungsi masing-masing. Pada masing-masing Slot memiliki peran kerja yang bersifat permanen, Ini telah diset UP pada BIOS dengan perangkat lunak BIOS.  Jadi dalam hal ini tidak mungkin bisa menggantikan slot RAM menjadi PCI dan sebaliknya.

1. CPU Socket
CPU Socket berfungsi sebagai tempat rumah pada processor. Tidak semua jenis processor bisa ditempatkan pada socet. ini tergantung dari jenis motherboard dan processor. lihat detail fungsi processor

2. CPU FAN Panel
CPU Fan panel berperan sebagai penghubung arus  dari power suppy menuju kipas melalui perantara motherboard. Fan/ kipas bekerja sesuai dengan kebutuhan. jika kerja komputer berat, maka fan/kipas akan berputar lebih kencang sehingga menghasilkan semburan yang lebih kencang pada processor. Processor akan dingin dan kerja komputer menjadi stabil.

3. Memory SLOT
Memory dikenal sebagai RAM / DDR.  lihat fungsi memory secara detail  

4. ATX Power Panel
ATX power panel menghubungkan arus listrik dengan daya 12 volt melalui kabel. ATX Power ini mengaliri arus menuju processor sebagai penguat arus pada Processor. Jika ini tidak terpasang, Motherboard akan nyala namun tidak bisa menampilkan/ loading pada Sistem Operasi

5. Back Panel

Back Panel Motherboard

Pada umumnya Back Panel Motherboard terdiri dari beberapa bagian.
- PS2 Keyboard dan PS2 Mouse Port
  Port ini berfungsi sebagai konektor atau penghubung  perangkat keras Keyboard dan Mouse. 
  Port llubang warna ungu sebagai konektor Keyboard, dan port warna hijau sebagai konektor mouse
- Parallel Port
  Tidak semua motherboard dilengkapi dengan parallel Port. Parallel port bisa kita temukan pada motherboard seri lama dengan socet PGA 478. Sedang pada motherboard Jenis LGA hanya dimiliki seri awal seperti pada Motherboard G31 dan G41. Parallel ini berfungsi sebagai penghubung perangkat seperti printer, scanner, fingger print dan lain-lain.
- Serial Port
Serial port berfungsi menghubungkan perangkat seperti mouse, keyboard. jenis ini termasuk seri lama dan tidak ada pada motherboard jenis yang sekaang
- D-SUB Port
D-sup port yang menghubungkan komputer dengan monitor atau LCD. sehingga apa yang kita kerjakan tampil melalui layar monitor

- USB PORT
USB Port dimiliki oleh setiap jenis motherboard, terkecuali motherboard jenis MMX atau sebelum intel pentium. Semakin  tinggi seri motherboard yang digunakan biasanya semakin banyak port USB nya. Hal ini karena sebagian perangkat sekarang menggunakan konektor USB untuk menghubungkan data ke komputer

- RJ-45 Lan Port
RJ 45 lebih populer dengan nama LAN Card. namu Card ini menjadi 1 blok dengan Motherboard. sehingga lebih mengefisien dalam proses instalasi komputer

- Line Jack
Line Jack berfungsi untuk menghubungkan perangkat external seperti speaker aktif, Microfon, earphone. Hasil dari audio yang diolah melalui perangkat dengan bantuan software akan terdengan pada speaker aktif melalui jack line yang terpasang pada komputer  

 Jumlah bagian Back panel ini tergantung pada Type Motherboard yang digunakan.  Semakin berkembangnya teknologi, conector pada back panel lebih sederhana pada saat ini. divice atau piranti external yang dijual pada pasar, lebih cenderung ke arah USB divice. 

6. Chipset / North Bridge
Lihat fungsi detail dari Chipset

7. IDE Panel
kabel IDE komputer

IDE kepanjangan dari  (Integrated Development Environment). IDE merupakan  program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Fungsi IDE menghubungkan antara Motherboard ke hardisk, atau dari motherboard ke DVD.

8. ATX Panel
PIN PSU

ATX Panel sebuah slot pada papan motherboard yang berfungsi sebagai konektor arus listrik. Konekto ini berjumlah 20 Pin pada motherboard jenis lama, dan 24 Pin untuk jenis LGA. Pada masing-masing Pin memiliki input tegangan yang berbeda berdasar wilayah pembagian kerja pada perangkat hardware lainya.

9. F Panel / Front Panel
Front Panel

F Panel terdiri dari 4 bagian
- ON/OF panel (Power)
- Restart Panel
- LED Power Panel
- HDD Led Indicator

10. PCI EX 1
PCI EX 1 memiliki peran sebagai conector jika pada Motherboard tidak dilengkapi dengan Parallel Port.

11. PCI Express 
Sebagian pengguna komputer yang pada motheboardnya dilengkapi dengan PCI Express akan mengoptimalkan komputer dari segi grafis pelalui jenis PCI ini. PCI Express merupakan fungsi tambahan pada motherboard komputer dengan cara memasng VGA Card pada slot PCI Express. Hasil dari penambahan VGA Card melalui PCI akan bisa dilihat jelas ketika menjalankan sebuah game yang besar.

12. Standard PCI
penambahan perangkat seperti Sound Card, Land card bisa terpasang melalui slot standard PCI.

13. Sata kabel
Sata Kable

Panel Sata secara umum sebagai konector hardisk maupun DVD dengan Slot SATA. fungsi dari SATA ini sama persis denga Slot IDE. yang membedakan hanya bentuk fisik dari keduanya.

14. USB
USB pada Back panel dengan USB pada papan Motherboard memiliki fungsi yang sama persis. yang membedakan  pada USB Back panel menempel pada motherboard dan langsung bisa difungsikan. Sedangkan USB pada papan harus melalui perantara kabel jika ingin difungsikan.


2 Reply Coment:

  1. o jadi begini tha, mantep masbro :D

    ReplyDelete
  2. Gan.. Punya skema laptop toshiba satellite c640 ? Kalo punya mau dong... inbok ke email aja.. Makasih ya..

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.