Windows 7 32 Bit dan 64 Bit | Computer Blog

Windows 7 32 Bit dan 64 Bit

Hardware ID -  Pada awal tahun 2005 sejak pertama kali muncul generasi baru dari windows yaitu Windows 7.  Pada awal Windows 7 masuk ke Indonesia, bisa dikatakan hanya beberapa saja yang menggunakan. Hal ini disebabkan karena terlalu minimnya perangkat hardware yang support terhadap Windows 7 pada saat itu.

Windows 7 keluaran pertama yaity Windows 7 Versi Starter dengan 32 Bit. Namun hal ini dirasa kurang memuaskan karena pengguna tidak secara sempurna menikmati semua feature yang ada pada Windows 7 tersebut. Hal ini sangat memungkinkan bagi pengguna untuk meng-Up Grade hardware agar support terhadap perangkat lunak yang akan diinstal. Disusul kemudian Windows 7 dengan versi 64 Bit. Pada Windows 7 64 Bit tidak semua jenis komputer maupun laptop bisa terinstal. Hal ini karena pada masing-masing Hardware memiliki perangkat lunak "Firmware" yang tertanam pada masing-masing perangkat tersebut.

Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit
Sebagian dari kita mungkin sidah mengenal apa itu windos 32 bit dan 64bit, terutama jika sebagian besar dari kita adalah pengguna laptop. Namun, banyak dari kita yang belum paham tentang pengertian windows 32 dan 64. Baik windows 32 maupun 64 bit, ini  mengacu pada besarnya register Processor. Besarnya register pada sebuah processor memiliki ruang yang lebih besar untuk mengakses sebuah data dari perangkat lain. Windows dengan register 64bit akan memiliki ruang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan windows 32 bit, 16 bit maupun 8b bit.

Contoh pada komputer dengan windows 32bit hanya akan menghasilkan maksimal memory 4GB. Hal ini dikarenakan pada Windows dengan register 32 bit memiliki ruang akses data yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan Windows dengan register 64 bit. Lain halnya dengan windows 64 bit, Ini akan mampu membaca jumlah memori lebih banyak dibandingkan dengan windows 32 bit.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan Windows 32 Bit dan 64 Bit

-
Dalam beberapa kasus yang terjadi, pengguna pada tahun 2000 hingga sekarang cenderung lebih memilih windows dengan register 32 bit. Hal ini dikarenakan Support pada perangkat yang digunakan. Seperti contoh saya menggunakan windows 32 bit yang terinstal pada laptop Acer dual core. Support Driver seperti VGA Card, Sound Card, Wireless akan terinstal secara sempurna jika menggunakan Windows 32 bit.

- Pada penggunaan Windows 64 bit, lebih cendenrung pada perangkat komputer maupun laptop dengan spesifikasi Core 2 duo keatas. Hal ini memungkin kan beberapa Support Driver yang cocok baik secara update Online maupun Offline.  Bagi yang belum tau apa itu 64 bit dan 32 bit, tidak berpengaruh pada penggunaan secara langsung. Hal ini akan terasa berbeda jika menginstal aplikasi yang memang dari sananya merekomendsikan 64 bit ataupun 32 bit.

- Kekurangan lain pada windows 64 bit, pada perangkat lama yang tidak bisa terdeteksi pada WIndows dengan register 64 bit. Terkadang ini cukup membingungkan, meskipun sebagian dari mereka bekerja sebagai teknisi komputer. namun hal ini tidak banyak yang memperhatikan.

Cara mengetahui Windows Register
Star - Computer - klik kanan - pilih properties. akan muncul gambar seperti dibawah
Windosw Register


Kelebihan Khusus yang dimiliki Windows 64 Bit

Kita bisa Upgrade Memori dampai tidak terhingga. Kemampuan ini hanya dimiliki windows 64 bit saja dan tidak pada versi sebelumya. Pada kenyataan yang ada kebanyakan pengguna Windows 64 bit memiliki keterbatasan dikarenakan hardware yang tidak mendukung. Rata-rata maksimal pengguna Windows 64 bit hanya berkutik pada 16GB dikarenakan Support daripada motherboard atau perangkat lainya yang digunakan.  Windows 64 bit menawarkan kelebihan khusus berupa Pencapaian performa, hal ini yang palig banyak dicari oleh pengguna Windows 64 bit.

0 Reply Coment:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.