Perbedaan dan Persamaan SATA, ESATA, PATA, ATA, ATAPI dan IDE | Computer Blog

Perbedaan dan Persamaan SATA, ESATA, PATA, ATA, ATAPI dan IDE

Apa saja yang membedakan antara jenis Konektor SATA, ESATA, PATA, ATAPI dan IDE?  Sering kita membaca tentang artikel baik melalui majalah maupun Online. Namun kita masing bingung membadakan jenis konektor semacam ini.

Sering kita mendengan Hardisk Sata, Hardisk IDE. Apa yang membedakan dari keluarga kenektor jenis tersebut?  Berikut sedikit penjelasan singkatnya..

SATA
Sata merupakan Kepanjangan dari Serial ATA. Jenis konektor Sata bisa dijumpai pada komputer. memiliki bentuk lebih kecil dan praktis jika dibandingkan dengan kabel IDE.



ESATA
ESATA lebih dikenal sebagai Port  pada External Hardisk Drive.  Kita biasa mendengan istilah esata external hardisk drive. Jadi inilah yang dimaksud dengan ESATA


eSATA 
ATA, PATA dan IDE
Mungkin ini yang paling membingungkan diantara jenis-jenis konektor yang lain.  Antara ATA, PATA dan IDE sebetulnya adalah sama.

ATA, PATA, IDE CONECTOR
Pada gambar diatas merupakan conector pada desktop komputer/ CPU Computer.

ATAPI
ATAPI  merupakan akronim/kepanjangan dari (AT Attachment Packet Interface) Istilah ini lebih populer sebagai konektor CD ROOM.  baik ATAPI dan IDE sebenarnya memiliki persamaan dalam segi fisik. Istilah ATAPI sering digunakan untuk jenis konector untuk menghubungkan antara CD Rom dan motherboard pada CPU Computer.