Macam - Macam Blue Screen Kode Komputer (Blue Screen Of Death) | Computer Blog

Macam - Macam Blue Screen Kode Komputer (Blue Screen Of Death)


Blue screen of death didunia teknisi komputer kita lebih populer dengan nama Blue Screen.  Blue screen of death merupakan indikasi dari ketidak fungsian salah satu hardware / komponen komputer pada saat komputer menyala dan tidak bisa menjalankan perintah.

Blue screen of death terjadi pada saat omputer / laptop menyala dan tiba-tiba berhenti secara tiba-tiba. Pada saat blue screen komputer tidak bisa direstart, menjalankan program apapun alias komputer mati tanpa bekerja sama sekali.

Ada beberapa macam blue screen, dan masing-masing blue screen memiliki kode yang berbeda sehingga kit bisa mengetahui detail  terhadap blue screen yang tampil pada layar monitor.


NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pesan error kode ini memberikan informasi,  yaitu eror yang terjadi pada kabel konektor hardisk drive, baik IDE maupun SATA yang menghubungkan dari motherboard ke hardisk drive.


IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Pesan Error kode ini terjdi kesalahan pada VGA Card, Sound card. Biasanya terjadinya blue screen seperti ini terjadi kesalahan pada driver yang terinstal. semisal, sound card yang kita pake menggunakan realtec, kemudian kita instal dengan menggunakan driver jenis lain. hal ini akan menyebabkan cress pada driver dan hardware sehingga muncul kode seperti diatas.


UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Pesan Error kode ini  terjadi jika ada kesalahan pada hardware yang dikarenakan karena melebihi standar seting konfigurasi, seperti Overclock Memory, Overclock VGA, Processor sehingga terjadi panas yang tinggi melehihi kemampuan hardware tersebut.

STOP 0x0000008E Code
Pesan Error kode ini  terjadi disebabkan karena eror pada memory. Ini biasanya terjadi pada saat anda menginstal komputer, dan sebelum finish tiba-tiba komputer berhenti dan menampilkan pesan seperti kode diatas. Anda bisa melakukan cek Ram